Selasa, 25 Juni 2013

Simbol Pengelasan (Standard ISO dan AWS)

Secara sederhana, simbol pengelasan itu terdiri dari garis panah (arrow line), garis referensi (reference line) dan simbol pengelasan. Ada dua jenis standard untuk simbol pengelasan, yaitu ISO dan AWS (American Welding Society). Standard ISO banyak digunakan pada sebagian besar negara-negara kecuali Amerika dan Kanada, mereka biasanya menggunakan standard AWS.

Perbedaan antara ISO dan AWS adalah pada ISO terdapat garis identifikasi (garis putus-putus yang terletak di atas atau di bawah reference line). Garis ini untuk menentukan letak dari pengelasan. sedangkan AWS tidak menggunakan simbol tersebut.

Contoh perbedaan antara ISO dan AWS:

pada simbol AWS, jika simbol diletakan pada bagian bawah dari reference line, maka letak kampuh las berapa pada titik yang ditunjukan pada panah. Tetapi jika simbol berada diatas reference line itu berarti letak kampuh las berada disebelah/seberang dari titik yang ditunjukan oleh panah.

Sedangkan untuk ISO menggunakan ISO 2553:1992. Pada standard ini menggunakan identification line (garis putus-putus yang terletak diatas atau dibawah reference line). Garis putus-putus tersebut menandakan sisi seberang dari titik yang ditunjukan panah. Jadi, apabila simbol las menempel pada bagian reference line, maka letak kampuh las terletak pada titik yang ditunjukan oleh panah. Sedangkan jika simbol menempel pada identification line, maka letak kampuh las ada pada daerah seberang dari titik yang dijuntukan oleh panah.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar